hunting milo vs ovaltine

Giliran otak saya udah sinkron saya langsung tumpahin semuanya sebelum semua beku lagi.
Yoo hooo. 3 post in a day! Wow!

Hehehhe.
Sebenernya ini adalah beberapa pekerjaan2 lama yang saya lakukan sama pramesti saniscara tapi beneran saya ngga tau otak saya beneran ngambek gamau ngeluarin sepatah katapun tiap saya berhadapan sama laptop. Bingung mau mulainya banyak yang mau di tulis. Kwkwkwkkwk.

Oke. Stop the babble. :but I love babbling so much!:

Jadi habisnya brainstorming sama mbak oy (15/9) ngga tau kenapa jujur yang ada saya malah tambah buntu. Mungkin otak saya beneran ngambek minta stop mikir. Hehe.

Widi, stop the babble!!

Iya jadi gini. Saya melist milo, lengkap dengan competitor dan komparatornya.

Kompetitior : ovaltine
ovaltine dan milo sama2 membranding diri mereka dengan embel2 kalimat BERENERGI. Bedanya kalau milo hanya MINUMAN COKLAT BERENERGI, ovaltine MINUMAN SUSU UHT COKLAT BERENERGI pada kemasan kotak cair. kalau pada kemasan bubuk, branding mereka sama persis.


milo



ovaltine

Komparator : minuman susu rasa coklat lainnya Ex : ultra coklat, indomilk coklat, Frisian flag coklat, boneto, susu yes, milky day, etc.
sebenarnya milo juga mengandung susu. Tertulis di packaging milo mengandung susu bubuk skim.
Hipotesa awal saya mengapa milo tidak membranding dirinya mengandung susu karena ada varian milo yang 3in1. Menggandeng dancow sebagai in home partner. Sama2 produk dari nestle.

And then dibawah ini adalah hunting saya ke RANCH MARKET galaksi mall (16/9), GLAEL ciputra mall semarang (22/9), HERO tunjungan plaza (24/9), HYPERMART royal plaza, SINAR bintoro, INDOMART, ALFAMART, RENY swalayan, TOKO KELONTONG. dan, ternyata seperti yang telah saya list sebelumnya memang ada cukup banyak varian milo. Ada milo kotak, milo kaleng, milo bubuk, milo 3in1, milo chocholate bar, milo nugget.


variant milo



ovaltine kotak (saya ga beli ovaltine bubuk)


milo dan ovaltine merupakan produk yang saling berkompetisi. seperti yang telah saya singgung di atas, milo dan ovaltine sama2 membranding diri sebagai minuman-coklat-berenergi. hal ini membedakan kedua produk tersebut dengan produk lainnya.

di pasar, ada perbedaan yang cukup jauh antara milo dengan ovaltine. di beberapa mart kecil seperti alfamart, indomart, reny, toko kelontong, produk ovaltine cenderung susah ditemui. hanya di indomart saja saya dapat menemukan ovaltine kotak, namun saya tidak menemukan ovaltine bubuk.


cuman ada milo kotak di alfamart



gitu juga variant yang bubuk. ga ada ovaltine di alfamart - reny


sedangkan di mart yang lebih besar seperti hypermart dan ranch market ovaltine dan milo hampir bisa dikatakan selalu muncul besamaan, an di letakkan dalam tempat yang bersebelahan. persaingan head to head.


ini di hypermart



ranch market


tapi ternyata ada juga di indomart rewwin

pada mart yang sedang seperti glael, sinar, dan ranch market beberapa varian milo dan ovaltine muncul secara random. pada glael, tidak ditemukan adanya milo kotak, sedangkan ada ovaltine kotak. hal serupa juga saya temui di sinar. ada ovaltine kotak namun tidak ada milo kotak. namun saya menemukan milo kaleng. sedangkan ranch market hanya menjual milo kotak, tidak ada ovaltine kotak di ranch market. yang ada hanyalah ovaltine bubuk.



random : cuma ada ovaltine kotak di glael. no milo kotak


sama juga di sinar bintoro

tapi walo gitu rata2 mart yang nggak jual milo kotak semuanya menyediakan milo dalam bentuk kaleng.


tapi masih ada milo kaleng di sinar bintoro


dan... milo kaleng, nugget, chocho bar, dan sereal hanya dapat ditemui secara lengkap di mart yang besar seperti ranch market, hypermart, dan sinar saja.


And oh well. Saya hampir lupa, produk milo mana yang akan saya pilih. Saya memutuskan menggunakan milo kotak.

Mengapa milo kotak?

Positif view
  • Karena menurut saya milo kotak memiliki harga yang cukup terjangkau untuk target market dengan SES min B.
  • Rasa milo kotak dengan milo kaleng sama mirip.
  • Milo kotak menjanjikan kemudahan langsung minum & mempunyai isi bersih yang tidak terlalu banyak sehingga dalam keadaan tidak terlalu hauspun dapat diminum sekali minum (200 ml).

Negative view
  • Milo kaleng menjanjikan kesegaran berupa dingin lebih mantab dibandingkan dengan kemasan milo kotak. Namun harga milo kaleng jauh lebih mahal (IDR 6200) dibandingkan milo kotak (IDR 3500).
  • Milo kaleng memiliki isi lebih banyak (240ml) dibanding milo kotak (200ml). namun perbandingan harganya sangat tidak imbang.
  • Milo kotak memiliki harga lebih mahal (IDR 3500) dibandingkan dengan ovaltine kotak (IDR 3325). Namun milo kotak memiliki isi bersih lebih banyak (200ml) dibanding oveltine (190ml).
selain itu, tertulis pada packagingnya milo kotak adalah produk asli indonesia. produk varian milo yang lainnya adalah hasil import dari malaysia, kecuali milo bubuk, bubuk murni maupun 3in1.

ok well-i am-finally-done.
akhirnya otak saya mampu mengenerate tugas #2 dkv3 ini.

akhir kata saya ucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. :))

 

3 komentar:

AMYunus said...

Mbak. tanggung jawab nih, saya bisa tersasar di blog Anda. hehehe :D
btw keren juga tuh analisanya
Beneran tuh mbak research sejauh itu? :applause: :salut: :D

Anonymous said...

Kalo bs dibandingkan kandungan gizi milo vs ovaltine

Anonymous said...

Tak kira bandingin kadunngan gizi ni artikel