repost : brainstroming ngambang = mentok

Oke.
Jadi dari hasil bersemedi sambil dengerin koploan lalu joget2 sambil maen twitter di depan laptop semalem suntuk (24/08) menguraikan benang ruwet di kepala, pemfilteran informasi bejibun tentang ITS, dan off cross aku masih bingung aku ini sebenernya di suru ngapain. TwT. Abis geje sih. Aku jadi pusing sendiri, ga ngeh bener sama tugasnya. Lha tiap Tanya temen jawabannya beda2. Makin bingung!!
Mungkin kelamaan libur mengkejukan otakku. Huhuks. *nggak penting pak ini, maaf kalo nulis suka keterusan curhat. ^_______^ *

Entah kenapa ide yang muncul di otak tiba2 itu “gimana kalo bikin brosurnya perpus ITS! Kan menarik itu banyak juga masyarakat dari luar kampus yang suka baca / butuh literature tertentu yang tentu aja bakal tertarik sama perpus ITS dan tentu aja bakal tertarik sama brosur perpus ITS.”
Dan berhubung malem itu udah mentok ga ada ide lagi + udah cape + udah ngantuk, jadi voila!

Ini data2 sementara yang aku dapet buat pembuatan brosur :

LAYANAN PERPUSTAKAAN

Dalam perkembangan sains dan teknologi yang pesat saat ini informasi memegang peranan penting. Tanpa keberadaan informasi, mustahil ilmu pengetahuan dapat maju dan berkembang. Dan informasi itu banyak di perpustakaan. Agar informasi dapat dimanfaatkan secara maksimal, UPT Perpustakaan ITS selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas jenis jasa-jasanya. Dengan demikian dihrapkan dapat memperlancar arus informasi dan akhirnya informasi dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Jasa Peminjaman Buku Teks
Buku-buku yang berkaitan dengan kurikulum maupun buku-buku penujang yang bersifat umum dapat dipinjam oleh masyarakat kampus. Dengan meminjam buku-buku teks diharapkan dapat memperlancar dan meningkatkan proses belajar mengajar sehingga lulusan yang andalpun dapt dipenuhi sesuai dengan tuntutan masyarakat.

Jasa Peminjaman Buku Reserve
Buku-buku yang banyak diminati dapat dipinjam dibagian reserve (tendon) dengan waktu pinjam selama 3 jam. Hal ini diharapkan agar semua infomasi dapat dinikmati setiap saat oleh pengguna.

Jasa Peminjaman Majalah
Saat ini perpustakaan melanggan 23 buah majalah populer yang datang setiap minggu/bulan. Disamping itu ada sekitar 477 judul majalah ilmiah luar negeri yang informasinya sangat berguna. Perpustakaan ITS juga melanggan Proquest Scinence Journal Online yang berisi 423 judul diantaranya 323 judul full-texts

Audio Visual
Disamping buku dan majalah, UPT Perpustakaan ITS juga memiliki koleksi audiovisual: kaset suara, slide, kaset video, mikrofilm dan mikrofis dan lain-lain. Jenis koleksi ini boleh dipinjam dan dimanfaatkan di perpustakaan dengan menggunakan perangkat keras yang disediakan. Disamping itu juga dalam jasa ini juga dilengkapi fasilitas home theather dan parabola, sehingga pengguna dapat melihat program-program televisi baik dalam dan luar negeri.

Jasa Referens
Buku-buku yang bersifat khusus dan dapat dipakai untuk mendapatkan informasi singkat, seperti handbook, kamus, ensiklopedia dan lain-lain, dapat diperoleh dari jasa referens.

Jasa Penelusuran
Informasi Bagi pengguna yang menginginkan suatu subjek tertentu dan belum tahu kemana harus mencari, jasa penelusuran informasi siap membantunya. Penelusuran informasi dilakukan dengan temubalik artikel-artikel atau bab-bab yang berkaitan dengan subjek yang diinginkan ke semua jenis koleksi baik majalah, buku dan CD-ROM dan lain-lain.

Jasa Silang Layan
Kenyataan menunjukkan bahwa tidak satupun perpustakaan yang mampu menyediakan koleksi yang diinginkan oleh semua pengguna, maka jasa silang layan ditawarkan. Jasa ini berusaha mencari materi yang tidak tersedia di perpustakaan, ke pusat-pusat informasi atau perpustakaan-perpustakaan lainnya, seperti PDII-LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi ILmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di Jakarta dan Bandung, Perpustakaan Pusat ITB, British Library di Ingrris dan lain-lain.

Jasa Koleksi Khusus
Jasa koleksi yang menyediakan tugas akhir, tesis,skripsi, disertasi, hasil penelitian yang khusus dihasilkan oleh sivitas akademika ITS. Dari Koleksi ini dapat dilihat secara pintas perkembangan intelektualitas masyarakat kampus dalam mengembangkan sains dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat luas.

Jasa Terjemahan
Laporan statistik menunjukkan bahwa hampir 60% dari jumlah koleksi yang ada di UPT Perpustakaan ITS berbahasa Inggris, maka jasa terjemahan ditawarkan. Jasa ini bertujuan untuk membantu pengguna dengan menterjemahkan artikel-artikel, handout, bab-bab, dan sebagainya, sehingga informasi di dalamnya dapat dimengerti dengan mudah.

Jasa Bimbingan Pengguna
Bagi pengguna perpustakaan yang masih awam dapat meminta bimbingan khusus. Dalam hal ini pengguna akan mendapatkan bimbingan yang bersifat pengenalan dan juga cara penelusuran bibliografi. Jasa ini mengantarkan pengguna untuk dapat menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien, sehingga pengguna dapat memperoleh bahan pustaka yang diinginkan tanpa banyak mengalami kesulitan.

Jasa Konsultan
Perpustakaan ITS juga memberikan jasa konsultan untuk siapapun baik perorangan/organisasi yang ingin mendirikan perpustakaan. Jasa ini juga memberikan bimbingan serta pembenahan untuk menjadikan perpustakaan ideal.

Jasa Umum
Untuk penyebaran informasi, UPT Perpustakaan ITS memberi kesempatan kepada non-sivitas untuk menjadi anggota perpustakaan. Mereka dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada.
Jasa Internet Untuk browsing internet di dunia maya, perpustakaan menyediakan fasilitas internet GRATIS yang berada di Ruang Referens.
Jasa Warintek Jasa Warung Informasi Teknologi, menyediakan Informasi teknologi tepat guna seperti budidaya pertanian, budidaya perikaanan dan rancangbangun yang dapat menunjang proses produksi pada industri kecil dan menengah.

http://library.its.ac.id/new/media.php?module=home

yah jadi kira2 kmaren itu pinginnya bikin brosur ITS *pingin dalam kondisi mentok*. Sampe hari ini tadi, (25/08) akhirnya pak ramok ngasih pencerahan super cerah. Setidaknya buat aku.
dan aku tau sekarang maksud dari tugas ini kayak apa.

Yeahh. Hajar!!
Lalu selasa (25/9) saya melakukan diskusi dengan teman sebangku saya, Pramesti Saniscara. Dari hasil diskusi sama Pramesti Saniscara yang punya ide mavioso, mau survey ke anak2 SMA yang calon2 maba. Lalu kita berdua sepakat mau cari data langsung dari calon2 maba alias anak2 sma di Surabaya. Kita berdua mau survey lapangan buat dapetin data kira2 info apa sih yang dibutuhkan mereka kalo mereka dateng ke campus expo. Dan kira2 itulah yang nantinya akan kita masukin datanya ke dalem brosur. Jadi purposenya kita jelas disini : bikin brosur buat ngasih info ke anak2 SMA yang notabene pengen masuk ITS.
Untuk masalah hirarki visual yang harusnya udah mulai dipikirkan hari ini terpaksa pending. Gapapa deh. Cari data yang bener dulu buat landasan ke step selanjutnya.

Tadi saya dan Pramesti Saniscara juga sudah melist pertanyaan2 apa saja yang nantinya akan disebarkan melalui questioner yang rencananya akan kami sebarkan jum’at depan (28/08). Namun sayangnya catatan list pertanyaan dibawa oleh Pramesti Saniscara. Jadi saya tidak dapat menuliskannya di sini.

Sekian laporan saya untuk hari ini.

Selasa,25 agustus 2009 *tapi bikin blognya baru bisa hari ini..

 

0 komentar: